Analisa pada Totebag

 

Grafik Google Trends

Berdasarkan grafik google trends yang diperoleh dari data pencarian google di daerah Jakarta dalam 12 bulan terakhir pada tahun 2020.

 

 


 

 

·       -Pada tanggal 9 Februari 2020 – 15 Februari 2020   mengalami peningkatan  hingga mencapai titik    tertinggi pada grafik. Hal ini menunjukkan minat yang cukup tinggi terhadap produk totebag.

·      -Pada tanggal 12 Maret - 18 April 2020  mengalami penurunan yang cukup signifikan.  tidak begitu menarik minat konsumen, hal tersebut  terjadi karena penyebaran kasus pandemi covid-19 di Indonesia, memiliki dampak yang sangat berpengaruh terhadap perekonomian dikarenakan pembatasan aktivitas masyarakat sehingga menyebabkan rendahnya pertumbuhan ekonomi dan berkurangnya daya beli konsumen.

·     - Pada tanggal 27 juni – 12 Juli  2021 terjadi peningkatan kembali. Grafik tersebut menunjukan minat konsumen yang berangsur meningkat seiring berkembangnya inovasi produk pada totebag.

·        - Pada tanggal 20 November 2020 - 22 Januari 2021 menunjukkan kestabilan pada grafik.

 

 

 

 

 

TOWS

Threats

§    -Banyak pesaing yang muncul untuk membuat produk  yang sama dengan harga yang relatif terjangkau.

§    -Harga bahan yang tiba-tiba naik sangat berpengaruh pada biaya produksi dan harga jual.

§    -Produk totebag lain yang lebih variatif.

§   

Opportunity

§     -Dapat membentuk komunitas peduli lingkungan & tote bag itu sendiri.

§      - permintaan produk tote bag di pasaran cukup tinggi.

§     -Pemanfaatan promosi produk secara online melalui media sosial dan blog memiliki peluang  menarik minat calon konsumen dengan jangkauan yang luas dan efisien.

§      - Munculnya kebutuhan untuk menyimpan barang tidak tercecer & tetap fashionable sehingga menimbulkan trend tote bag.

 

Weakness

§   -Konsumen tidak bisa custom desain, warna, bahan dan bentuk dari tas sesuai dengan keinginannya.

§   -Brand awareness konsumen terhadap produk masih minim.

§ -  -Tergolong baru sehingga masih sedikit referensi. 

 

Strengths

§   -Produk yang ramah lingkungan dengan memperhatikan efek pemanasan global

§    -Bahan yang  berkualitas dan nyaman dipakai

§   -Tote bag dengan tampilan yang trendy

§    -Membuat tas yang simple dengan desain yang menarik

§    -Memiliki harga yang terjangkau

 

STP

SEGMENTASI

·         Demografi : ditujukan untuk kalangan wanita berbagai tingkatan usia dari remaja hingga dewasa.

·         Geografis : penjualan produk secara online melalui blog dan media sosial, difokuskan untuk daerah JABODETABEK.

·         Psikografis : bagi kalangan wanita yang aktif dalam penggunaan internet online dan media sosial yang memiliki kecenderungan ingin tampil trendy atau kekinian.

·         Perilaku : Kesadaran konsumen menggunakan produk yang ramah lingkungan dan produk yang dipakai untuk mendukung berbagai aktivitas konsumen dengan tampilan yang menarik.

TARGETING

Kalangan wanita dari usia remaja hingga dewasa. Khususnya pelajar atau mahasiswa.

POSITIONING

Produk Totebag teentas di posisikan sebagai suatu produk tas simple untuk wanita yang memiliki gaya hidup kekinian dan  untuk menunjang aktivitas sehari-hari. produk diposisikan sebagai menawarkan nilai terbaik. Produk totebag ini menawarkan nilai yang lebih dan nilai terbaik untuk harga sebanding dengan penawaran kualitas yang diberikan oleh produk tersebut. Produk ini di pasarkan kepada berbagai kalangan, dari mulai harga yang sedang, dalam arti cukup terjangkau.

 

 

Product life cycle ( PLC)

 

 


·         Introduction

Totebag ini memiliki beragam variasi baik dari segi desain atau gambar, warna yag menarik dengan kesan kekinian yang tidak monoton serta  dibuat dengan bahan kanvas yang terkenal sangat kuat dan tahan lama jika digunakan dengan cara yang baik dan benar. Totebag yang terbuat dari bahan kanvas ini juga memiliki harga yang relative lebih murah jika dibandingkan dengan jenis bahan tas lain. Pengenalan produk ini kepada konsumen dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital melalui media sosial untuk menjangkau lebih luas dan efisien.

 

·         Growth

Seiring dengan perkembangannya,desain totebag yang terkesan sederhana mulai diterima oleh masyarakat sebagai gaya pelengkap fashion yang praktis dan berkelas untuk berbagai aktivitas sehari-hari. Pada tahap ini kami akan mengembangkan produk agar lebih menarik perhatian konsumen.

 

·         Maturity

Penggunaan totebag di berbagai daerah terbilang sangat luas dan hanya tidak terbatas pada aksesoris fashion saja namun juga dapat difungsikan untuk membawa sejumlah benda dalam jumlah yang cukup banyak. Seperti text book yang biasanya digunakan untuk aktivitas para pelajar di sekolah atau mahasiswa , dompet, ponsel, hingga kotak kosmetik dan benda lainnya yang biasa dibawa untuk berbelanja. Pada tahap ini kami akan meningkatkan promosi secara online dengan lebih aktif memanfaatkan berbagai media dan platform online untuk mempertahankan eksistensi produk.

 

 

·         Decline

Pada tahap ini produk akan mengalami penurunan penjualan. Untuk mengatasi hal tersebut, kami akan melakukan inovasi produk agar kembali menarik minat konsumen dengan meningkatkan kualitas desain, pengemasan dan promosi yang lebih bervariasi dan inovatif.

 

Komentar